ULASAN TOPIK BAB 13 PEMASARAN MEMBANGUN HUBUNGAN PELANGGAN
adalah proses
perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi serta distribusi
barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif
individual dan organisasional
adalah proses
perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi, serta distribusi
barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif
individual atau organisasional
Evolusi
pemasaran di Amerika Serikat melibatkan 4 era :
- Era
Reproduksi,
filosofi
umum bisnis adalah “Produksilah sebanyak mungkin karena ada pasar yang tidak
terbatas”, filosofi tersebut logis dan menguntungkan di zaman itu. Era reproduksi
ini terjadi sampai awal tahun 1900-an.
- Era
Penjualan,
pada tahun
1920-1950-an bisnis telah mengembangkan teknik produksi massa dan kapasitas
produksi sering melebihi permintaan pasar langsung. Oleh karena itu, filosofi
bisnis berubah dari penekanan pada produksi menjadi penekanan pada penjualan.
- Era
Konsep Pemasaran,
bisnis
mengakui kebutuhan untuk bersikap reponsif terhadap konsumen apabila mereka
ingin mendapatkan bisnis mereka dan pada tahun 1950-1980-an muncullah filosofi
yang disebut konsep pemasaran. Konsep Pemasaran Filosofi bisnis terdiri
dari:
v
Orientasi Pelanggan
v
Orientasi Jasa/layanan
v
Orientasi Laba
- Era
Hubungan Pelanggan,
di tahun
1990-an dan awal tahun 2000—an, para manajer mengembangkan konsep pemasaran
dengan menggunakann konsep manajemen hubungan pelanggan.
- ORGANISASI
NIRLABA DAN PEMASARAN
v Bauran
Pemasaran
adalah
unsur-unsur yang menghasilkan program pemasaran meliputi: produk, harga tempat,
dan promosi.
v Manajer
Pemasaran dan Bauran Pemasaran
Manajer
Pemasaran harus memilih cara untuk mengimplementasikan empat program dari
bauran pemasaran yang telah disebutkan diatas yang tujuannya untuk menyenangkan
pelanggan dan mendapatkan laba.
v Merancang
Produk untuk Memenuhi Kebutuhan
Produk adalah
barang fisik, jasa atau ide yang memuaskan keinginan atau kebutuhan plus apapun
yang akan meningkatkan produk dimata konsumen, seperti merk.
v Uji
Pemasaran adalah proses pengujian produk diantara pengguna potensial
v Proses
Pemasarann dengan empat p yaitu:
1. Menemukan
peluang
2. Melakukan
penelitian
3.
Mengidentifikasikan pasar sasaran
4. Merancang
sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan pada penelitian
5. Melakukan
pengujian produk
6.
Menentukan nama merk, merancang kemasan, dan menentukan harga
7. Memilih
system distribusi
8. Merancang
program promosional
9. Membangun
hubungan dengan pelanggan
v Menentukan
harga yang sesuai harga itu tergantung pada beberapa factor, yakni:
1.
Memberikan harga lebih rendah untuk menarik bisnis, terutama awalnya.
2.
Menawarkan produk berkualitas tinggi untuk penlanggan yang bersedia untuk
membayar sedikit lebih banyak.
3.
Mempertimbangkan biaya yang terlibat dalam produksi, distribusi, dan promosi
produk.
Membawa
produk ke tempat yang tepat. Tempat adalah p yang ketiga dalam pemasaran. Untuk
memutuskan cara terbaik untuk membawa produk kepada konsumen ada 2 cara, yaitu:
1.
Memberikan pelayanan terbaik dan kenyamanan pada konsumen
2. Membuat
cara yang lebih praktis agar konsumen tidak perlu repot
Faktor dari
empat p pemasaran adalah promosi, promosi adalah teknik yang digunakan penjual
untuk memotivasi orang-orang membeli produk atau jasa mereka, teknik-teknik itu
meliputi: periklanan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat, ucapan
publisitas, dan berbagai usaha promosi penjualan seperti : kupon, sampel
potongan harga, dan transaksi potongan harga.
v Memberi
Pemasar Informasi
v Proses
penelitian pemasaran proses penelitian pemasaran ada 4 langkah, yaitu:
1.
Mendefinisikan pertanyaan (masalah atau peluang) dan menentukan situasi saat
ini.
2.
Mengumpulkan data.
3.
Menganalisis data penelitian.
4. Memilih
solusi terbaik dan mengimplementasikannya.
Menejer
pemasaran harus mengetahui lingkungan sekitar ketika membuat keputusan bauran
pemasaran, pemindaian lingkungan (enviromental scanning) adalah proses
pengidentifikasian faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pemasaran.
Faktor-faktor tersebut mencakup:
1. Faktor
global
2. Faktor
teknologi
3. Faktor
social cultural
4. Faktor
kompetitif
5. Faktor
ekonomi
- DUA
PASAR YANG BERBEDA: KONSUMEN DAN BISNIS KE BISNIS (B2B)
- ADA 2
PASAR UTAMA DALAM BISNIS, YAKNI:
1.
Menginginkan barang dan jasa untuk konsumsi atau penggunaan pribadi dan memilik
sumber untuk membelinya.
2. Pasar
bisnis ke bisnis (B2B) adalah semua individu dan organisasi yang menginginkan
barang dan jasa untk penggunaan dalam memproduksi barang dan jasa lain atau
untuk penjualan, penyewaan, atau pemasok barang kepada orang lain.
v Segmentasi
Pasar
adalah
proses pembagian total pasar menjadi kelompok-kelompok yang anggotanya memiliki
kelompok-kelompok yang anggotanya memiliki karekteristik yang sama.
v Pemasaran
Target
adalah
pemasaran yang ditujukan pada kelompok-kelompok (segmen-segmen pasar) yang
diputuskan oleh organisasi yang dapat dilayani dengan menguntungkan.
- MENYEGMENTASI
PASAR KONSUMEN
Tujuannya adalah
untuk membagi pasar menjadi unit-unit yang lebih kecil. Berikut macam-macam
cara menyegmentasi:
1.
Segmentasi geografis
2.
Segmentasi demografis
3.
Segmentasi psikografis
4.
Segmentasi manfaat
5.
Segmentasi value atau penggunaan
- FAKTOR
PENTING DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN MELIPUTI:
1.
Pembelajaran
2. Kelompok
referensi
3. Kultur
4.
Subkultural
5.
Ketidakcocokan kognitif
- PROSES
PENGAMBILAN KEPUTUSAN, YAKNI:
1.
Pengenalan masalah
2. Pencarian
informasi
3. Evaluasi
alternative
4. Keputusan
pembelian atau tidak ada pembelian
5. Evaluasi
pasca pembelian (ketidakcocokan kognitif)
Beberpa
faktor menjadikan pemasaran B2B berbeda faktor yang lebih penting meliputi:
1. Jumlah
pelanggan dalam pasar B2B relatif sedikit, hanya ada sedikit perusahaan
konstruksi atau operasi penambangan bila dibandingkan kurang lebih 70 juta
rumah di Amerika Serikat.
2. Ukuran
pelanggan bisnis relatif lebih besar; berarti, hanya ada sedikit organisasi
besar yang bertanggung jawab atas sebagian besar pekerjaan dan produksi
berbagai barang dan jasa.
3. Pada B2B
cenderung terkosentrasi secara geografis
4. Pembelian
bisnis yang sebelumnya dianggap lebih rasional
5. Penjualan
B2B cenderung bersifat langsung, tetapi tidak selalu
6. Ada jauh
lebih banyak penekanan pada penjualan pribadi di pasar B2B dari pada dipasar
konsumen
Pasar,
bisnis kebisnis dan pasar, konseumen, perbedaannya dapat dilihat dari segi:
struktur pasa, produk, prosedur pembeli.
Itulah sedikit ulasan dari saya jika ada salah kata saya minta maaf.
semoga bermanfaat dan terimakasih. :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar