CRM
adalah serangkaian proses dengan karyawan yang memberikan informasi
yang mereka perlu tahu untuk dapat disampaikan kepada pelanggan :
keinginan dan kebutuhan, dan senatiasa lebih mudah untu membangun
hubungan antara perusahaan dan pelanggan perlunya pengelolaan data dan
informasi pelanggan dengan baik).
Manajemen
hubungan pelanggan termasuk perangkat lunak dan alat-alat browser
berbasis aplikasi yang mengatur dan mengumpulkan informasi tentang
pelanggan.
Misalnya, sebagai bagian dari strategi mereka CRM, bisnis mungkin menggunakan database pelanggan informasi untuk membantu membangun sebuah survei kepuasan pelanggan, atau memutuskan produk baru yang mungkin diinginkan oleh pelanggan dalam tujuan pelanggan akan tertarik dengannya ataupun dengan melakukan perbaikan proses bisnis yang telah ada sesuai dengan situasi pasar, persaingan dan inovasi dari perusahaan.
Misalnya, sebagai bagian dari strategi mereka CRM, bisnis mungkin menggunakan database pelanggan informasi untuk membantu membangun sebuah survei kepuasan pelanggan, atau memutuskan produk baru yang mungkin diinginkan oleh pelanggan dalam tujuan pelanggan akan tertarik dengannya ataupun dengan melakukan perbaikan proses bisnis yang telah ada sesuai dengan situasi pasar, persaingan dan inovasi dari perusahaan.
CRM
begitu penting dan sangat menentukan pada saat ini, kita semua sadar
arti pentingnya pelanggan kepada maju mundurnya suatu bisnis. Mari kita
lihat pasar : situasi persaingan, pelayanan dan beragam kemudahan yang
mudah didapatkan oleh pelanggan saat ini adalah contoh kongkrit
bagaimana CRM telah bekerja dan dijalankan.
Pemimpin bisnis harus melakukan empat hal untuk memiliki hubungan pelanggan menguntungkan.
- Anda harus terus menarik (menguntungkan) pelanggan baru di sektor industri yang telah diidentifikasi dalam rencana strategis Anda.
- Anda harus aktif mempertahankan (menguntungkan) Anda pelanggan saat ini dan membangun kembali hubungan dengan pelanggan masa lalu.
- Anda harus menyesuaikan produk dan jasa untuk lebih memenuhi harapan pelanggan dan kebutuhan Anda.
- Karyawan Anda harus terus dilatih dan dihargai untuk memberikan layanan pelanggan yang luar biasa.
Pelanggan Baru:
sektor industri ini yang telah diidentifikasi untuk pertumbuhan dalam
rencana strategis Anda harus diimplementasikan di seluruh perusahaan
Anda. Tim penjualan Anda harus memiliki struktur komisi yang dirancang
untuk mencerminkan (dan pahala) ditutup penjualan di industri Anda telah
berkomitmen untuk mengejar. Bila Anda pemasaran dan penjualan ke pasar
baru Anda, Anda perlu memastikan bahwa produk dan layanan yang Anda
tawarkan adalah menguntungkan. Dengan kata lain, Anda harus melakukan
analisis profitabilitas pelanggan pada awal penjualan, dan secara
berkala selama siklus penjualan. Terlalu banyak perusahaan fokus dolar
pemasaran mereka pada pelanggan mereka yang generator pendapatan
terbesar. Ingat keuntungan pendapatan dikurangi biaya, sehingga Anda
perlu memastikan bahwa semua hubungan pelanggan Anda yang menghasilkan
hasil yang Anda awalnya diproyeksikan.
Pelanggan saat ini dan masa lalu:
Anda bekerja keras untuk menarik pelanggan baru untuk bisnis Anda dan
tahu bahwa Anda harus terus bekerja untuk membangun dan memperkuat
hubungan Anda buat. Semakin banyak Anda tahu tentang organisasi
pelanggan Anda, kebiasaan mereka membeli dan pola, rencana pertumbuhan
mereka dan operasi mereka, semakin sukses Anda akan berada dalam
hubungan Anda merancang program untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Tujuannya adalah untuk menjadi begitu akrab dan menjadi begitu sangat
diperlukan untuk pelanggan Anda bahwa perusahaan Anda adalah
satu-satunya yang mereka pertimbangkan ketika membeli produk dan jasa.
Pelanggan adalah orang paling penting di
kantor ini, baik dalam wujud pribadi maupun dalam bentuk surat.
Pelanggan tidak tergantung pada kita, kitalah yang tergantung
padanya.Pelanggan bukan merupakan gangguan terhadap kerja kita, ia
merupakan tujuan dari kerja kita. Kita tidak berbuat kebajikan dengan
melayaninya, dialah yang berbuat kebajikan karena memberikan kesempatan
kepada kita untuk melayaninya.Apa yang terlintas dalam pikiran anda mendengar kata Pelanggan? Banyak orang berpikir bahwa pelanggan adalah seseorang atau suatu organisasi yang membeli produk / jasa yang kita tawarkan. Sebagai seorang SALES seharusnya anda harus melihat pelanggan lebih dari sekedar dari seseorang yang membeli produk ataupun jasa yang anda tawarkan.
Pelanggan sebenarnya merupakan asset terbesar bagi perusahaan, karena tanpa mereka perusahaan tidak akan ada. Kelangsungan suatu bisnis mutlak tergantung dari ada tidaknya perhatian yang besar terhadap kebutuhan pelanggan. Semakin banyak dan semakin loyal pelanggan terhadap Anda, maka semakin kuat kemungkinan bisnis Anda meraih sukses.
Pertanyaan selanjutnya adalah sudahkah Anda memberikan yang terbaik untuk pelanggan? Dan pernahkah terpikir oleh Anda Bagaimanakah agar dapat melayani pelanggan dengan baik?
Berikut ini saya akan mensharingkan bagaimana agar Anda bisa melayani pelanggan dengan lebih baik lagi. Kata kuncinya adalah Anda harus peduli terhadap pelanggan Anda.
Seorang bijak pernah berkata: “Orang tidak peduli seberapa banyak anda tahu, sampai mereka tahu seberapa banyak anda peduli kepada mereka.” Seorang Sales yang baik tentu perlu mempunyai banyak pengetahuan dan wawasan, tetapi semua itu tidaklah berarti dimata pelanggan sampai mereka tahu seberapa peduli Anda terhadap mereka.
Bagaimana cara menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap pelanggan Anda? Anda bisa memulainya dari hal sederhana misalnya apakah Anda mengetahui apa makanan kesukaan mereka, kapan tanggal lahir mereka, apakah Anda mengenal industry pelanggan Anda dan banyak lagi lainnya.
Bayangkan bila Anda bertemu dengan seorang pelanggan dari sebuah industry tertentu dan Anda tidak pernah mendengar industry mereka, bagaimana perasaan pelanggan Anda? Dan sebaliknya ketika Anda mengenal industry pelanggan Anda, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menjalin hubungan yang lebih dalam dan pada akhirnya memudahkan Anda untuk menjual.
Pelanggan akan lebih respek dan mau menerima Anda ketika mereka tahu bahwa anda juga memperhatikan mereka. Untuk itu sudah saatnya untuk menunjukkan kepedulian terhadap pelanggan dan mendengarkan Pelanggan Anda!
Sebuah pelayanan pelanggan dimulai dengan sebuah kepedulian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar