Berfikir Strategis adalah pemikiran yang berarti menggunakan perspektif jangka
panjang dan melihat gambaran besar dari perusahaan dan lingkungan
kompetitif,serta memikirkan keselarasan antara keduanya.Manyoritas manajer
sadar akan pentingnya perencanaan strategis.
Manajemen Strategis (Stategic
Management) adalah serangkaian keputusan dan
tindakan yang digunakan untuk merumuskan dan melaksanakan strategi yang
memungkinkan kesesuaian sangat kompetitif antara perusahaan dan lingkungannya
sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan.
Strategi adalah rancana tindakan yang menerangkan tentang alokasi
sumber daya serta berbagai aktivitas untuk menghadapi lingkungan, memperoleh
keungggulan bersaing, dan mencapai tujuan perusahaan.
Keunggulan bersaing adalah hal yang membedakan suatu perusahaan dari perusahaan
lain dan memberi ciri khas bagi perusahaan untuk memenuhi kebetuhan pasar
konsumen.
Tujuan Strategi,langkah pertama manajemen strategs adalah mendefinisikan
strategi (stategy).Keunggulan bersaing(Competitive advantage) adalah hal yang
membedakan suatu perusahaan darinn perusahaan lain dan member cirri khas bagi
perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pasar konsumen.Memanfaatkan Kompetensi
Dasar Kompetensi Dasar (core competence)perusahaan adalah sesuatu yang
dilakukan perusahaan dengan sangat baik dibanding pesaingnya.
Sinergi (synergy) adalah kondisi yang timbul ketika bagian-bagian perusahaan
berinteraksi untuk menghasilkan dampak bersama yang lebih besar daripada jumlah
semua bagian yang bertindak sendiri-sendiri.
Memanfaatkan Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar adalah sesuatu yang
dilakukan perusahan dengan sangat baik dibanding pesaingnya. Karena perusahaan
memiliki keahlihan yang tidak dimiliki oleh pesaingnya.
Sinergi adalah kondisi yang timbul
ketika bagian-bagian perusahaan berinteraksi untuk menghasilkan dampak bersama
yang yang lebih besar daripada jumlah semua bagian yang bertindak
sendiri-sendiri.
Memberikan Nilai kepada pelanggan
merupakan inti dari strategi. Nilai dapat sebagai gabungan keuntungan yang
diperoleh dan biaya yang dikeluarkan.
Tingkat Strategi dibedakan menjadi tiga diantaranya :
a)
Pada Bidang Usaha Apa Kita Bergerak
? Ini merupakan pertanyaan yang
diajukan oleh para manajer ketika memikirkan strategi tingkat perusahaan.Strategi
tingkat perusahaan (corporate-level strategy)berkaitan dengan
perusahaan secara keseluruhan dan gabungan unit bisnis dan lini produk yang
menyusun perusahaan.
b)
Bagaimana Cara Kita Bersaing
?Strategi tingkat-usaha(business-level
strategy)berkaitan dengan seiap unit bisnis atau lini produk.
c)
Bagaimana Kita Mendukung Strategi
Tingkat-Usaha?Strategi tingkat-fungsi (functional-level
strategy) terkait dengan departemen-departemen
fungsional utama di unit usaha.
Perumusan Strategi,merupakan tahap manajemen strategis yang melibatkan
perencanaan dan pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan perusahaan,serta
membuat rencana strategis spesifik.
Penerapan Strategi,merupakan tahap manajemen strategis yang melibatkan
penggunaan sarana manajerial dan organisasional untuk mengarahkan berbagai
sumber daya agar dapat mencapai tujuan strategis.
Analisis SWOT (SWOT analysis),merupakan analisis terhadap
kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman yang menentukan kinerja perusahaan.
EVALUASI FAKTOR-FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL :
- Kekuatan dan Kelemahan Internal,Kekuatan adalah karakteristik internal positif yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan kinerja strategisnya,sedangkan kelemahan adalah karakteristik internal yang dapat menghambat atau membatasi kinerja perusahaan.
- Kekuatan dan Ancaman Eksternal,Kekutan adalah karakteristik lingkungan eksternal yang berpotensi membantu perusahaan mencapai atau melampaui tujuan strateginya.Ancaman adalah karakteristik lingkungan eksternal yang menghambat perusahaan mencapai tujuan strateginya.
Perumusan Versus Pelaksanaan Srategi
Perumusan Strategi adalah tahap
manajemen strategis yang melibatkan perencanaan dan pengambilan keputusan untuk
mencapai tujuan perusahaan, serta membuat rencana strategis spesifik.
Pelaksanaan strategi yaitu
penggunaan sarana menejerial dan organisasional untuk mengarahkan berbagai
sumber daya agar dapat mencapai tujuan strategis.
Unit Usaha Strategis adalah unit perusahaan yang memiliki misi usaha unik, lini
prosuk, pesaing, dan pasar yang berhubungan dengan SBU lain di suatu
perusahaan.
Strategi portofolio adalah gabungan unit usaha dan lini produk perusahaan yang
berpadu secara logis untuk memberikan sinergi dan keunggulan bersaing bagi
perusahaan.
Matriks BCG
Matriks BCG adalah konsep
yang digagas oleh Boston Consulting Group untuk mengevaluasi dimensi tingkat
pertumbuhan usaha dan pangsa pasar dari unit-unit usaha strategis.
Tingkat pertumbuhan usaha adalah
sejauh mana peningkatan industri secara keseluruhan, sementara Pangsa Pasar
adalah menentukan apakah suatu unit usaha lebih banyak atau lebih sedikit
menguasai pasar dibandingkan dengan pasaingnya.
Strategi Diversifikasi
Diversifikasi adalah Strategi
beralih ke jenis usaha baru, seperti yang dilakukan GE di bidang kesehatan,
keuangan, dan energi alternatif. Tujuannya untuk memperluas usaha perusahaan
dalam rangka menghasilkan berbagai barang dan jasa yang berharga.
Diversifikasi terkait adalah beralih
ke lini bisnis baru yang masih terkait dengan kegiatan usaha perusahaan.
Diversifikasi terpisah adalah
Membuka lini usaha yang benar-benar baru.
Integrasi vertikal adalah membuka
lini usaha baru yang memproduksi pasokan yang diperlukan untuk prosuk atau
mendistribusikan dan menjual produk tersebut.
Lima Kekuatan Kompetitif Porter :
1.
Potensi pesaing baru
2.
Daya tawar pembeli
3.
Daya tawar pemasok
4.
Ancaman produk penggnti
5.
Persaingan antarkompetitor
Strategi Kompetitif
-
Strategi Diferensiasi adalah jenis
strategi kompetitif yang digunakan oleh perusahaan untuk membedakan produk atau
jasanya dari produk atau jasa pesaingnya.
-
Kepemimpinan Biaya adalah jenis
strategi kompetitif yang di gunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan
fasilitas-fasilitas produksi baru secara agresif, memotong biaya, dan
mengendalikan biaya denagn ketet agar lebih efisien dari pesaingnya.
-
Fokus adalah jenis strategi
kompetitif yang berkonsentrasi kepada pasar wilayah atau pembeli kelompok
tertentu.
Kemampuan Dinamis berarti bahwa para manajer berfokus pada melakukan lebih
banyak upaya peningkatan dan pengembangan dengan memanfaatkan aset, kemampuan,
dan kompetensi yang sudah dimiliki perusahaan guna memperoleh keunggulan
bersaing yang terjaga.
Tips Penerapan Strategi secara
Efektif :
1.
Membangun komitmen terhadap strategi
2.
Menyusun rencana penerapan yang
jelas
3.
Memperhatikan budaya
4.
Memenfaatkan pengetahuan dan
keahlian pegawai
5.
Komunikasi
Strategi Tradisional adalah strategi yang menggabungkan koordinasi global untuk
mencapai efisiensi dengan fleksibelitas untuk memenuhi kebutuhan tertentu
banyak negara.
Penerapan Strategi
-
Kepemimpinan adalah kemampuan untuk
mempengaruhi orang lain agar menunjukkkan perilaku baru yang diperlukan dalam
menerapkan strategi.
-
Rancangan struktural adalah tanggung
jawab para manajer, tingkat kewenangan mereka, serta koordinasi dari berbagai
fasilitas, departemen, dan divisi.
-
Sistem informasi dan kendali adalah
sistem imbalan, anggaran untuk alokasi sumber daya, sistem teknologi informasi,
serta paraturan, kebijakan, dan prosedur perusahaan.
-
Sumber daya manusia bertugas untuk
merekrut, menyeleksi, melatih, memindahkan, mempromosikan, dan memecat pegawai
dalam upaya mancapai tujuan strategis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar