Selasa, 20 November 2012

ULASAN TOPIK TENTANG BAB 7 PERUMUSAN DAN PELAKSANAAN STRATEGI

Berfikir Strategis adalah pemikiran yang berarti menggunakan perspektif jangka panjang dan melihat gambaran besar dari perusahaan dan lingkungan kompetitif,serta memikirkan keselarasan antara keduanya.Manyoritas manajer sadar akan pentingnya perencanaan strategis.

Manajemen Strategis (Stategic Management) adalah serangkaian keputusan dan tindakan yang digunakan untuk merumuskan dan melaksanakan strategi yang memungkinkan kesesuaian sangat kompetitif antara perusahaan dan lingkungannya sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan.

Strategi adalah rancana tindakan yang menerangkan tentang alokasi sumber daya serta berbagai aktivitas untuk menghadapi lingkungan, memperoleh keungggulan bersaing, dan mencapai tujuan perusahaan.

Keunggulan bersaing adalah hal yang membedakan suatu perusahaan dari perusahaan lain dan memberi ciri khas bagi perusahaan untuk memenuhi kebetuhan pasar konsumen.

Tujuan Strategi,langkah pertama manajemen strategs adalah mendefinisikan strategi (stategy).Keunggulan bersaing(Competitive advantage) adalah hal yang membedakan suatu perusahaan darinn perusahaan lain dan member cirri khas bagi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pasar konsumen.Memanfaatkan Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar (core competence)perusahaan adalah sesuatu yang dilakukan perusahaan dengan sangat baik dibanding pesaingnya.

Sinergi (synergy) adalah kondisi yang timbul ketika bagian-bagian perusahaan berinteraksi untuk menghasilkan dampak bersama yang lebih besar daripada jumlah semua bagian yang bertindak sendiri-sendiri. 

Memanfaatkan Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar adalah sesuatu yang dilakukan perusahan dengan sangat baik dibanding pesaingnya. Karena perusahaan memiliki keahlihan yang tidak dimiliki oleh pesaingnya.
Sinergi adalah kondisi yang timbul ketika bagian-bagian perusahaan berinteraksi untuk menghasilkan dampak bersama yang yang lebih besar daripada jumlah semua bagian yang bertindak sendiri-sendiri.
Memberikan Nilai kepada pelanggan merupakan inti dari strategi. Nilai dapat sebagai gabungan keuntungan yang diperoleh dan biaya yang dikeluarkan.

Tingkat Strategi dibedakan menjadi tiga diantaranya :
a) Pada Bidang Usaha Apa Kita Bergerak ? Ini merupakan pertanyaan yang diajukan oleh para manajer ketika memikirkan strategi tingkat perusahaan.Strategi tingkat perusahaan (corporate-level strategy)berkaitan dengan perusahaan secara keseluruhan dan gabungan unit bisnis dan lini produk yang menyusun perusahaan.
b) Bagaimana Cara Kita Bersaing ?Strategi tingkat-usaha(business-level strategy)berkaitan dengan seiap unit bisnis atau lini produk.
c) Bagaimana Kita Mendukung Strategi Tingkat-Usaha?Strategi tingkat-fungsi (functional-level strategy) terkait dengan departemen-departemen fungsional utama di unit usaha.

Perumusan Strategi,merupakan tahap manajemen strategis yang melibatkan perencanaan dan pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan perusahaan,serta membuat rencana strategis spesifik.

Penerapan Strategi,merupakan tahap manajemen strategis yang melibatkan penggunaan sarana manajerial dan organisasional untuk mengarahkan berbagai sumber daya agar dapat mencapai tujuan strategis.

Analisis SWOT (SWOT analysis),merupakan analisis terhadap kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman yang menentukan kinerja perusahaan.

EVALUASI FAKTOR-FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL :
  • Kekuatan dan Kelemahan Internal,Kekuatan adalah karakteristik internal positif yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan kinerja strategisnya,sedangkan kelemahan adalah karakteristik internal yang dapat menghambat atau membatasi kinerja perusahaan.
  • Kekuatan dan Ancaman Eksternal,Kekutan adalah karakteristik lingkungan eksternal yang berpotensi membantu perusahaan mencapai atau melampaui tujuan strateginya.Ancaman adalah karakteristik lingkungan eksternal yang menghambat perusahaan mencapai tujuan strateginya.
Perumusan Versus Pelaksanaan Srategi
Perumusan Strategi adalah tahap manajemen strategis yang melibatkan perencanaan dan pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan perusahaan, serta membuat rencana strategis spesifik.
Pelaksanaan strategi yaitu penggunaan sarana menejerial dan organisasional untuk mengarahkan berbagai sumber daya agar dapat mencapai tujuan strategis.

Unit Usaha Strategis adalah unit perusahaan yang memiliki misi usaha unik, lini prosuk, pesaing, dan pasar yang berhubungan dengan SBU lain di suatu perusahaan.

Strategi portofolio adalah gabungan unit usaha dan lini produk perusahaan yang berpadu secara logis untuk memberikan sinergi dan keunggulan bersaing bagi perusahaan.

Matriks BCG
Matriks BCG adalah konsep yang digagas oleh Boston Consulting Group untuk mengevaluasi dimensi tingkat pertumbuhan usaha dan pangsa pasar dari unit-unit usaha strategis.
Tingkat pertumbuhan usaha adalah sejauh mana peningkatan industri secara keseluruhan, sementara Pangsa Pasar adalah menentukan apakah suatu unit usaha lebih banyak atau lebih sedikit menguasai pasar dibandingkan dengan pasaingnya.

Strategi Diversifikasi
Diversifikasi adalah Strategi beralih ke jenis usaha baru, seperti yang dilakukan GE di bidang kesehatan, keuangan, dan energi alternatif. Tujuannya untuk memperluas usaha perusahaan dalam rangka menghasilkan berbagai barang dan jasa yang berharga.
Diversifikasi terkait adalah beralih ke lini bisnis baru yang masih terkait dengan kegiatan usaha perusahaan.
Diversifikasi terpisah adalah Membuka lini usaha yang benar-benar baru.
Integrasi vertikal adalah membuka lini usaha baru yang memproduksi pasokan yang diperlukan untuk prosuk atau mendistribusikan dan menjual produk tersebut.

Lima Kekuatan Kompetitif Porter :
1. Potensi pesaing baru
2. Daya tawar pembeli
3. Daya tawar pemasok
4. Ancaman produk penggnti
5. Persaingan antarkompetitor

Strategi Kompetitif
- Strategi Diferensiasi adalah jenis strategi kompetitif yang digunakan oleh perusahaan untuk membedakan produk atau jasanya dari produk atau jasa pesaingnya.
- Kepemimpinan Biaya adalah jenis strategi kompetitif yang di gunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas produksi baru secara agresif, memotong biaya, dan mengendalikan biaya denagn ketet agar lebih efisien dari pesaingnya.
- Fokus adalah jenis strategi kompetitif yang berkonsentrasi kepada pasar wilayah atau pembeli kelompok tertentu.

Kemampuan Dinamis berarti bahwa para manajer berfokus pada melakukan lebih banyak upaya peningkatan dan pengembangan dengan memanfaatkan aset, kemampuan, dan kompetensi yang sudah dimiliki perusahaan guna memperoleh keunggulan bersaing yang terjaga.

Tips Penerapan Strategi secara Efektif :
1. Membangun komitmen terhadap strategi
2. Menyusun rencana penerapan yang jelas
3. Memperhatikan budaya
4. Memenfaatkan pengetahuan dan keahlian pegawai
5. Komunikasi

Strategi Tradisional adalah strategi yang menggabungkan koordinasi global untuk mencapai efisiensi dengan fleksibelitas untuk memenuhi kebutuhan tertentu banyak negara.

Penerapan Strategi
- Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain agar menunjukkkan perilaku baru yang diperlukan dalam menerapkan strategi.
- Rancangan struktural adalah tanggung jawab para manajer, tingkat kewenangan mereka, serta koordinasi dari berbagai fasilitas, departemen, dan divisi.
- Sistem informasi dan kendali adalah sistem imbalan, anggaran untuk alokasi sumber daya, sistem teknologi informasi, serta paraturan, kebijakan, dan prosedur perusahaan.
- Sumber daya manusia bertugas untuk merekrut, menyeleksi, melatih, memindahkan, mempromosikan, dan memecat pegawai dalam upaya mancapai tujuan strategis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar